Published On: Ming, Jul 2nd, 2017

Akhir Petualangan Si Udin Gajah Keng, Eks Petinggi Gam Aceh Besar Harus Berakhir Di Jeruji Besi

www.korankpk.com : di provinsi Aceh khususnya kabupaten Aceh Besar, masyarakat pasti tahu atau minimal pernah mendengar nama salah seorang mantan tokoh petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang berdomisili di seputaran gunung Lembah Selawah, Saree kabupaten Aceh Besar dengan inisial Udin Gajah Keng.
Ybs merupakan figur mantan petinggi GAM keturunan dari keluarga atau fams Gajah Keng yang dulu pernah ditakuti dikalangan kombatan GAM namun sepak terjang Udin Gajah Keng yang dulu dikenal sebagai mantan tokoh GAM Aceh Besar harus berakhir di jeruji besi, belum lama berlalu, hari Sabtu tanggal 01 Juni 2017 sekitar jam 05.00 Wib pagi, gabungan Resmob Subdit III Jatanras dan Bko Brimob Polda Aceh dipimpin AKP Mahpud Kasat Reskrim dan AKP Supriadi, Kasat Intelkam Polres Aceh Besar beserta beberapa anggotanya telah melakukan penangkapan terhadap sdr. Diahuddin alias Udin Gajah Keng (40) di rumahnya Gampong Paya Keureuleuh Kecamatan Lembah Seulawah. Penangkapan terhadap Eks GAM tersebut dilakukan atas dasar Laporan Polisi Nomor : LP / 77 / VII / 2017 / SPKT Polda, tanggal 01 Juli 2017. Tentang Tindak Pidana Kekerasan / Penganiayaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 44 Undang-undang RI no. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dimana tersangka telah memenuhi unsur delik KDRT terhadap istrinya berupa kekerasan menggunakan senjata api. Tersangka di tangkap di rumahnya dan dalam saat bersamaan berhasil diamankan barang bukti berupa :
– 1 Pucuk Pistol Jenis FN. kaliber 9 x 19 mm.
– Peluru kaliber 9 x 19 mm 47 butir.
– Peluru kaliber 9 x 17 mm 8 butir
– Peluru kaliber 7,62 mm 1 butir.
Adapun kronologis penangkapan pelaku diawali pada hari Jumat (30/6/2017) sekitar jam 21.00 wib, dimana korban an. Zurina (Istri Pelaku) pulang kekediaman abang kandungnya di Desa Beurandeh Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar paska terjadi keributan antara korban dengan pelaku di rumah mereka, desa Paya Keureuleuh Kecamatan Lembah Seulawah kabupaten sehingga korban memutuskan pulang ke rumah abangnya. Paska kepergian korban ke rumah saudaranya disusul oleh pelaku dan dengan cara kasar menggunakan senjata api (senpi) jenis pistol yang diarahkan ketubuh korban sambil memukul korban beberapa kali menggunakan pistol dan menyuruh untuk kembali pulang ke rumah sehingga korban kesakitan dan ketakutan serta tetap tidak mau pulang. Selain melakukan tindak kekerasan, tersangka mengancam akan menembak korban jika melapor kepada polisi tapi karena korban sangat ketakutan sehingga dengan di dampingi abang kandungnya korban membuat laporan Polisi ke SPKT Polda Aceh dan atas dasar laporan tersebut, aparat kepolisian sekitar jam 05.00 Wib langsung melakukan penggerebekan dan penangkapan terhadap pelaku di rumahnya beserta barang bukti.
Ancaman hukuman yang bisa dikenakan terhadap tersangka, selain kasus KDRT dengan kekerasan bersenjata, tersangka bisa dikenakan pemberatan pasal berlapis berdasarkan UU No 12 tahun 1951 tentang UU Darurat kepemilikan ilegal Senjata Api yang mengatur bahwa barang siapa yang menyalahgunakan senjata api dapat dihukum dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya dua puluh tahun.
Berdasarkan keterangan dari nara sumber (tidak berkenan disebutkan namanya) yang ditemui jurnalis KPK di TKP atau lokasi kejadian, dengan tegas menyampaikan tersangka sejak lama sudah menjadi perbincangan atau polemik di masyarakat karena diduga selain merupakan konseptor pelaku illegal Logging yang menyebabkan pohon di hutan Lembah Selawah semakin habis, tersangka juga di duga menyimpan berbagai jenis senjata api yang ditimbun dilokasi tertentu dihutan namun entah kenapa kasus tersangka tidak pernah ada tindak lanjut sampai saat ini. Tersangka saat ini berada di Direktorat Reskrimsus Polda Aceh guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut (Hendra/staf redaksi Media KPK).

Sudah Terbit

Edisi Ke - 156 Tahun Ke - VIII/ 20 Mei - 10 Juni 2017

Data Pengunjung

0007352
Hari ini : 35
Kemarin : 55
Bulan ini : 1524
Tahun ini : 7352
Total Kunjungan : 7352
Hits Hari ini : 70
Total Hits : 15455
Who's Online : 1
Alamat IP anda: 54.162.104.113