Published On: Sab, Feb 17th, 2018

PEMILUKADA KAB. PARIMO, PROVINSI SULTENG, 2018, MAKSIMALKAN PENGAWASAN, PPL HARUS BERSIKAP PROFESIONAL.

Kab. Parimo, KPK ==> Moment perhelatan pilkada Kabupaten Parigi Moutong 2018 beberapa bulan lagi akan digelar. Lembaga penyelenggara maupun pengawas pelaksanaan pesta rakyat tersebut telah terbentuk dan sesuai tufoksinya mulai menjalankan kewenangannya.
Seperti Panwascam kecamatan Sausu, yang telah membentuk dan melantik petugas PPL guna mendukung succesnya pelaksanaan pilkada Parimo. Untuk memaksimalkan fungsi pengawasan di tahapan pemilukada Parimo, petugas Pengawas Lapangan (PPL) wilayah Kecamatan Sausu dalam waktu dekat akan mengadakan kegiatan bimtek pelaksanaan tahapan kampanye. Hal ini disampaikan ketua Panwascam Kecamatan Sausu, sdra. Hamka saat ditemui awak media kpk, Jumat (9/2).
“Seluruh PPL akan mengawasi seluruh tahapan di desa dan kelurahannya masing-masing”, Kata Hamka. ” Sampai sejauh ini belum ada kendala yang berarti, namun kami menemukan adanya wajib pilih yang tidak terdaptar dalam DP-4 dengan harapan dapat dimasukkan daftar DPS karena mereka telah memenuhi kriteria sebagai pemilih, ” Tambah nara sumber.
Dalam pelaksanaan pilkada Parimo 2018, bisa muncul kerawanan dan pelanggaran pemilu karena adanya keberpihakan aparatur negara pemda atau PNS tingkat kabupaten sampai desa dan penyalahgunaan pasilitas dinas ujar Hamka.
Berdasarkan agenda KPU Kab Parimo, tanggal 12 Pebruari 2018, KPUD Kab Parimo akan melaksanakan kegiatan penetapan no urut para pasangan calon dan pada tanggal 13 Pebruari 2018 kegiatan pencabutan No urut pasangan calon dan acara deklarasi damai.
Di kecamatan Sausu, terdapat daerah rawan konflik dimoment pilkada Parimo 2018 diantaranya desa Sausu Piore dan Sausu Tambu Kecamatan Sausu dengan pertimbangan karakter masyarakat kedua desa tersebut dikenal keras. Adapun 4 Pasangan Cabup Parimo 2018 antara lain:
1. Haji Samsu Rizal Tumolo Tutu – H Badrun Nggai, SE. (Partai Gerindra, PDIP)
2. Anwar Muhamad Saing – Asrudin (jalur Independen).
3. Erwin Burase SE – (jalur partai Golkar)
4. H. Amirullah Almahdali SE – Ibu Dra. H. Yupni Bukun Daku M.Si (mantan Kaban BPMPD provinsi Sulteng) partai pendukung : Partai Demokrat dan Partai Hanura.
Total PPL yang bertugas di lapangan sebanyak 284 orang terdiri dan kelurahan. ” 1 Desa/Kelurahan diposisikan 1 orang PPL, jadi seluruhnya PPL berjumlah 284 orang sesuai jumlah di Kabupaten Parimo kata Muklis (Hn- Staf red/Sulteng).

Sudah Terbit

Edisi Ke - 156 Tahun Ke - VIII/ 20 Mei - 10 Juni 2017

Data Pengunjung

0023526
Hari ini : 33
Kemarin : 27
Bulan ini : 560
Tahun ini : 3548
Total Kunjungan : 23526
Hits Hari ini : 66
Total Hits : 48668
Who's Online : 2
Alamat IP anda: 54.80.185.137